Friday, November 14, 2014

Kota Balikpapan

Assalamu'alaikum

bismillah,

kali ini aku mau berbagi cerita tentang kota balikpapan, dimana tempatku tinggal sekarang.
mungkin sudah banyak yang tau kalo kota balikpapan ini terkenal sekali akan sumberdarya alam minyaknya. kota yang ada di kalimantan timur atau bahasa jawanya east borneo ini punya maskot namanya beruang madu. tapi sayang beruang madu ini diambang garis kepunahan. sayang sekali yah, sempet waktu itu main ke taman pendidikan penangkaran beruang madu yang ada di jl. soekarno hatta km. 24 balikpapan-samarinda. tau nggak disana cuma ada 5 ekor aja. tapi gatau juga ya kalau ada lagi di hutan lain karna disini masih banyak hutan perawan yang masih jarang dijamah. -sok tau banget akunya.

beruang madu, grrrr.... eh. dia kalem kok :D

balikpapan yang kurang lebih penduduknya ada 684.339 jiwa ini terdiri dari banyak sekali suku. ada yang bilang kalo dibalikpapan ini sukunya campuran. hehehe.. salah satunya aku "jawa". banjar, bugis, jawa semuanya ada. dan bahasanya pun begitu. kadang keder juga nimbrungin temen yang lagi bersua dengan temennya gitu. cuma mlongo aja, mungkin kebalikannya juga kali ya kalo aku ngomong jawa juga mereka pasti keder juga.

balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal se-indonesia. memang benar! so, kalo mau tinggal di balikpapan harus pandai dalam mengatur keuangan pribadi ya. oiyah, hari jadi kota balikpapan itu tepat pada tanggal 10 februari 1987 tepat pertama kalinya dilakukan pengeboran minyak di kota ini.

balikpapan juga terkenal dengan kota yang bersih, sepanjang jalannya bersih dan rapi tidak seperti di kota asalku surabaya. jarang yang adanya demo atau kerusuhan lainnya. jadi adem gitu warganya. padahal, di balikpapan ini sering sekali lampu mati secara tiba-tiba dan akhir-akhir ini air pun mati juga. aku mengaku jadi korbannya. sempet seminggu mati air jadi susah mandinya. untungnya ada tempat saudara yang masih menggunakan air pompa dari sumur.  fiuhh..
karena musim kemarau berkepanjangan yang tak ada ujungnya -lebay. jadi waduk-waduk airnya menipis dan harus bergantian dalam pendistribusiannya.

karna balikpapan ada di pinggiran tepatnya berada di selat makassar, di balikpapan banyak sekali wisata pantai. seperti pantai melawai ini yang ada di dekat kota, tiap sore disini selalu ramai banyak yang jual makanan kecil seperti jagung bakar, pisang gapit, salome, es buah, dan masih banyak. dan ramai lagi kalo pas sabtu malam. tempat ini dijadikan tempat tongkrongan anak muda.

pantai melawai, cantiknyaa

 kalo lagi jalan sampai malam gitu biasa mampir ke masjid istiqomah yang ada di jl. sport pertamina. dari masjid sinilah yang membuatku jadi berhijrah. tssaahh... hijrah dikata. alhamdulillah aku berhijrah :)
masjid istiqomah, inspirasi berhijrah

tak lupa mengisi perut dengan pisang gapit, rasanya tuh ngangenin, salome juga sampai jadi langganan tiap main ke jl sport :D kalo gaada ibu yang jualan itu nyariin kemana ya? -kangen ibunya atau kangen makanannya? :P

pisang gapitnya bikin ngilerrr

sangat indah dan menawan, semua yang ada di balikpapan. dan secuil kisah kasmaran di expo kelistrikan. loh eh... becanda aja. hihihi.... mungkin cukup ini dulu kali ya, insyaallah akan dilanjut lagi di sesi berikutnya :D
salam jalasveva jayamahe!!! aku cinta tanah airku

No comments:

Post a Comment